Berbagi dan Sharing · Riwayat Cerita

Buku baik untuk Jiwamu

Model Rak Buku Minimalis

Pepatah selalu bilang ga baca buku ga akan maju, kenapa aku malam ini coba menulis pentingnya membaca buku cz bahwa bukti buku bagus buat jiwamu. Omni vivum ex ovo,” sebuah kalimat latin yang berarti: semua makhluk hidup berasal dari telur. Semua makhluk hidup yang berasal dari telur pastilah bahwasanya mempunyai jiwa, kalo ga punya ya ga hidup. Dan kita adalah makhluk hidup yang mempunyai jiwa, kalo ga punya coba cari di Kaskus atau Tokobagus.

Aku percaya membaca buku itu baik untuk kesehatan, apalagi bukunya dibakar, terus dicampur susu dan diminum. Tapi itu bukan sehat, melainkan cari penyakit. Buku itu ya dibaca lah, biar otak kamu encer dan jiwa kamu sehat.

Eh masak si gum buku bikin jiwa sehat ?? ya percaya ga percaya nih ya, membaca buku itu baik untuk jiwa kamu. Untuk menenangkan pikiran bacalah buku agama, untuk hiburan bacalah komik, novel, atau majalah, dan untuk nangis tersendu-sendu, coloklah mata kamu pake buku.

Udah ya ahh ngelanturnya. Kali ini aku mau kasih tau bukti bahwa membaca buku itu baik untuk jiwa kamu, sekalian supaya minat baca kamu bertambah. Buku itu jendela dunia, makanya ga heran kalo ada buku yang berisi harga tralis jendela sama bola dunia. Nah dari pada aku ngelantur terus nih contohnya Cekidottt??

Makanan mempunyai nutrisi jasmani, buku mempunyai nutrisi rohani

Makanan yang kita makan tentunya memiliki nutrisi. Makanya, tubuh kita mempunyai kekuatan untuk melakukan aktivitas seperti benerin genteng atau nyabutin uban anak bayi.

Tapi buku memiliki nutrisi yang dapat memperbaiki jiwa kamu yang setengah rusak karena keseringan galau. Maka dari itu, bacalah buku!

Makanan mengisi perut, buku mengisi jiwa

Perut kosong diisi dengan makanan supaya tubuh kamu sehat. Tapi semua itu percuma kalo tubuh sehat tapi jiwa kamu sakit. Oleh karena itu bacalah buku untuk mengisi jiwa kamu. Bacalah kitab suci dan serap maknanya, niscaya jiwa kamu terang benderang layaknya lampu templok.

Makanan memberikan rasa kenyang sesaat, buku memberikan kamu pengetahuan untuk seumur hidup

Yak betul sekali. Abis makan muncullah rasa kenyang sesaat, dan berlanjut menimbulkan rasa ngantuk yang bikin kamu ketiduran di atas lintasan monorel. Beda halnya dengan buku. Kalo kamu baca buku sungguh-sungguh dan menyerap intisarinya kamu akan mendapatkan ilmu pengetahuan yang akan bertahan seumur hidup.

Makanan memuaskan keinginan, buku memuaskan keingintahuan

Sebagai manusia normal, kita mempunyai naluri rasa lapar yang menimbulkan keinginan untuk makan. Tapi dari mana kita bisa memuaskan keingintahuan kalo bukan dari buku? Ada yang bisa jawab?

Makanan bisa basi, buku ga pernah basi

Selama apapun daya tahan makanan disimpan, pasti suatu hari akan menjadi basi. Lain halnya dengan buku, sampai kapan pun dia nggak akan basi. Liat contohnya pada buku sejarah, buku itu dari masa ke masa nggak pernah basi. Kenapa? Karena buku itu selalu diangetin mengabadikan sejarah yang ga boleh dilupakan.

Terlalu banyak makan bikin kamu sakit, terlalu banyak baca buku bikin kamu pintar

Setelah makan lima belas porsi nasi Padang, pasti rahang kamu jadi pegel, ditambah perut mual, hingga menimbulkan rasa sakit. Berbeda dengan buku, terlalu banyak baca buku bisa bikin kamu mempunyai pengetahuan yang luas yang bikin kamu menjadi juara kelas.

Nah mungkin itu beberapa bukti bahwa buku sangat membuat jiwa kita sehat, bukti Itulah  bahwa buku baik untuk jiwa kamu sejak zaman Fir’aun masih jualan cendol. Sekarang udah tau kan? Tunggu apa lagi? Segera baca buku supaya kamu bertambah pintar dan semakin kreatif, serta bikin jiwa kamu sehat.

Sesungguhnya membaca buku itu kegiatan yang menyenangkan dibanding stalking TL mantan. ga percaya? Silakan buktikan.

Baca buku yang rajin, iya kamu, iya..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s