Berbagi dan Sharing · Riwayat Cerita

Menjadi Orang Ga enakan, ini dia Rasanya

1“Aduh cewek aku udah telat tiga bulan, ga enak nih aku…”

“Gimana ya, ga enak nih aku. Yaudah nanti aku kerjain.”

“aku ga enak kalo ga dikerjain, tapi aku capek…” ,

Sebenarnya, jadi orang ga enakan tuh bagus atau ga sih? Menurut sudut pandang aku, ya  ada positif dan negatifnya. Kalo kamu tergolong orang yang ga enakan, biasanya kamu tipikal orang baik yang mudah bergaul. Orang yang suka membantu sesama, meskipun itu bukan urusan kamu.

Tapi negatifnya adalah, kamu jadi merepotkan diri kamu sendiri, karena kebanyakan orang yang ga enakan itu sering banget dimanfaatin sama orang-orang yang ga tau diri dan egois. Risikonya jadi orang yang ga enakan adalah kamu jadi orang baik, tapi sering ngeluh. Iya, ngeluhin rasa ga enakan kamu sendiri dan ngeluhin hal yang kamu lakuin meskipun dengan tujuan menolong orang lain.

Setiap kali kamu merasa ga enak, kamu udah mengorbankan waktu dan diri kamu. Dalam hati ga mau, tapi mulut kamu jawabnya mau, sekali lagi disebabkan oleh rasa ga enakan itu. Kamu lelah karena seharusnya kamu istirahat dan ga ngelakuin itu, dan kamu mengeluhkan itu, tapi kamu tetep ngelakuin.

2

Orang yang ga enakan itu menghambat diri sendiri. Kenapa? Karena harusnya kamu mengurusi urusan kamu, bukan mengurusi urusan orang lain meskipun dengan alih-alih menolong. Bukan, aku bukan pengin ngajarin kamu jadi orang yang ga acuh atau jadi orang jahat karena ga membantu orang lain. Tapi pada porsinya, setiap orang berhak untuk menolak sebuah permintaan bantuan, jika memang kamu ga mau dan kamu rasa orang yang meminta bisa melakukannya sendiri.

Gimana sih Gum caranya supaya berhenti jadi orang yang ga enakan?

TEGAS! Tegas untuk menolak dengan alasan yang bisa diterima, jika kamu rasa dia bisa ngelakuin/mengatasinya sendiri. Ya kamu harus tegas untuk menolaknya, meskipun dia mohon-mohon sama kamu sampai manjat gedung kampus tanpa celana dalam. Emang enak kamu ngerjain sesuatu tapi kamunya ngeluh? Dan apakah nanti dia ngelunjak ngelunjak kalo keseringan dibaikin? Apakah itu jatuhnya ga munafik?

4

Sekarang, daripada kamu menolong temen kamu itu tapi dengan ngegerutu ga suka atau ngomongin ke orang lain, mendingan ga kamu tolongin kan? Lagipula sirna sudah kebaikan yang kamu beri untuk teman dan diri kamu sendiri kalo kamu keluhin. Sama aja kamu menolongnya tapi ga ikhlas.

Kalo aku udah tegas bilang tapi dia malah marah dan ngejauhin kita gimana Gum ?

Simple,

berarti kamu menolong orang yang salah. Karena, kalo orang itu mengerti keadaan kamu yang memang ga bisa menolong, dia pasti memaklumi, bahkan berterima kasih. Sebenarnya, orang yang meminta tolong itu seharusnya siap menerima dan siap ditolak, bukan siap menerima tapi ga siap ditolak. Kalo dia siap menerima tapi ga siap ditolak berarti dia egois.

6

Intinya, kalo kamu selalu menuruti rasa ga enakan setiap kalo menolong orang lain, berarti kamu menghambat dan mengorbankan diri kamu sendiri. Ya ga apa-apa sih selaginya kamu rela dan ikhlas. Dan, seharusnya orang yang kamu tolong tau diri untuk ga memaksa kamu menolongnya jika dia emang bisa melakukannya sendiri.

Tapi aku ga enak ngomongnya, gimana dong Gum ?

Mending kamu ambil dua simbal drum dan pegang pake kedua tangan, terus pukul ke kepala kamu.

Sekarang kamu tinggal pilih, antara ga enak sama orang lain atau ga enak sama diri kamu sendiri? Kita emang perlu tegas dengan rasa ga enakan tersebut, tapi bukan berarti kita ga berbuat baik sama orang lain.

5

Ada kalanya, kita harus memiliki beberapa pertimbangan untuk menolong orang lain, yaitu:

  1. Orang itu mempunyai alasan yang masuk akal kenapa kita harus menolongnya.
  2. Kita memang BERSEDIA menolong, bukan TERPAKSA menolong.
  3. Orang itu memang butuh pertolongan.

Poin ketiga yang terpenting, kalo kamu bersedia maka silakan menolongnya. Tapi kalo kamu terpaksa menolongnya, mending ga usah, daripada ujung-ujungnya malah ghibah.

Satu poin tambahan adalah… ga menolong bukan berarti jahat. Bisa aja dengan ga menolong, kamu udah berbaik hati memberikan kesempatan untuk dia bekerja sendiri, bekerja lebih keras.

Nah itu sedikit dari beberapa fenomena yang terjadi disekitar aku, ga enakan itu apa beserta positif dan negatifnya?

kalo loe merasa tipe-tipe orang ga enakan ? mungkin bisa dibagi beberapa cerita yang mungkin bisa loe rasakan ? iya Gum iya…

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s