Berbagi dan Sharing · Riwayat Cerita

Mencumbu sunrise di Puncak Gunung Prau Dieng

C360_2014-10-25-04-49-07-445

Malam tahun baru Islam, bisa sering orang sebut mlm Suronan, yeah akhirnya aku bisa mendaki Gunung. Ngomong-ngomong soal gunung aku mau bercerita tentang Gunung Prau yang udah aku taklukin, emang gunung ini cocok untuk pendaki pemula. Puncak Gunung selalu berhasil membuat manusia takjub. Bukan cuma karena pemandangannya yang luar biasa, tetapi juga mengingatkan aku bahwa hanyalah setitik embun pagi di hadapan semesta milik Sang Pencipta.

Petualangan kali ini membawa kami ke Dieng. Lo pasti udah tahu kawasan Dieng, daerah dataran tinggi di Wonosobo yang sering dijadikan tujuan wisata. Tapi tahu gak sih, kalo di Dieng ternyata juga ada puncak gunung yang asik buat didaki?

new

Aku bersama rombongan dari Yogya, berangkat dari Yogya jam 8 malem dengan menggunakan 1 mobil, berjumlah 4 orang aja sih nyampai di dieng sekitar jam 12 malem kurang, Aku dan teman-teman sempet istirahat karena teman aku yang bernama Dimas Banu sempet kaget dengan cuaca dingin yang ada di daerah dieng. Rombongan aku bahkan tidak membawa perlengkapan yang mumpuni, temen aku sempet curhat dia pikir kita cuma maen di perbukitan dieng, tapi ternyata aku dan rombongan nekat untuk naik ke Puncak Gunung Prau. Dengan bekal ama apa adanya dan cuma sebatas nekat untuk bisa nyampai ke Puncak Gunung Prau.

C360_2014-10-26-07-02-13-654

Gunung Prau, Gunung yang Santai Tapi menantang

Gunung Prau merupakan salah satu puncak di Dataran Tinggi Dieng yang tingginya โ€œhanyaโ€ 2.565 mdpl. Kalo Lo adalah pendaki pemula seperti halnya aku dan beberapa teman aku, gunung Prau adalah salah satu tempat yang tepat untuk belajar mendaki gunung. Jalur trekkingnya tidak terlalu panjang: sampai ke puncak cukup ditempuh sekitar 3 jam dari base camp di Desa Patak Banteng, yang juga menjadi titik mula kami. Jalur pendakian via Desa Patak Banteng merupakan jalur tersingkat untuk sampai ke puncak, tapi jalur ini lebih curam dari jalur lainnya serta minim bonus pemandangan.

Aku dan Rombongan mulai naik ke naik ke gunung jam 1 malem, perlahan rombongan mulai naik langkah demi langkah, melewati kuburan pertama yang ada dihati aku ga pernah merasa takut sekalipun,yang ada di hati aku hanya gimana cara mencari jalan sampai ke puncak. Sepanjang perjalanan ke pos 1, Gue dijamu dengan jalan berbatu yang menanjak. Pendakian baru dimulai, tapi kami udah mulai ngos-ngosan.

Karena udah malam, ga banyak yang bisa gue lihat di sepanjang perjalanan selain kelap-kelip lampu permukiman warga dan langit yang begitu super indahnya bintang waktu malem itu. aku bahkan ga tahu di mana letak pos 2 dan pos 3, karena pos-pos tersebut ga lebih dari sebuah plang yang dipakukan ke pohon. Berhubung saat itu malam sabtu, jalur pendakian dipenuhi oleh para pendaki yang menuju ke puncak. Ga sedikit juga pendaki cewek yang bergaya modis dengan jaket dan kaos tipis, celana jins dan sandal jepit! Wah, padahal gue aja pake celana pendek dan jaket casual aja yang super tipis hanya menggunakan sandal jepit, sudah bukan kayak orang yang mau daki gunung aku.

Semakin mendekat ke puncak, jalur yang ditempuh semakin curam. aku bergerak setapak demi setapak menghemat napas dan energi di malam yang kini ga lagi terasa dingin. Setelah berjalan selama 3 jam, akhirnya kami berhasil menjejak di puncak Prau. Yeahhhhhhhhhhhhhhhhhh

C360_2014-10-25-04-40-43-491

C360_2014-10-25-04-40-07-781

C360_2014-10-25-04-39-44-430

Aku dan rombongan nyampai puncak sekitar jam 4 pagi sebelum subuh, gila betapa besar kuasa alam yang aku rasain saat itu, yang terjadi saat itu aku hanya melihat temen-temen aku ada yang kedinginan,dan yang satunya bisa melaksanakan sholat subuh diatas puncak, aku sempet bertanya kepada dia, gimana rasanya saat bisa sholat diatas puncak, jwb dia cuma simpel..ya gitu jawab dia…Gubrakk expresii muka aku

๐Ÿ™‚

C360_2014-10-25-04-42-56-171

yah gitu aj aku bercerita tentang Gunung Prau, lebih baik loย  rasain deh ya gimana rasanya daki ke sana, aku jamin banyak hal yang di dapat dalam perjalanan di sana. Okee Gumm Dadahhhh ๐Ÿ˜‰